November 11, 2016

Color Guard

Haloo.. di postingan sebelumnya saya janji mau jelasin apa itu Color Guard. Yaa karna hobi ku dari SMP itu ber-Marching Band dan aku di bagian Color Guard makanya aku mau berbagi infonya nih..

Color Guard dalam bahasa indonesia memiliki banyak artian, antara lain pemandu warna, pasukan warna, penjaga warna dan masih banyak lagi pengertian lainnya dari beberapa orang yang mengartikan apa itu color guard.
             Color merupakan suatu istilah dalam bahasa inggris yang artinya bendera kenegaraan (national color). Pataka dan banner yang merupakan identitas suatu kelompok perkumpulan /organisasi juga merupakan bagian dari color.  Sedangkan Guard merupakan suatu kata dari bahasa inggris yang artinya pengawal, penjaga atau pasukan pengawal.

             Color guard berarti pasukan pengawal/penjaga bendera kenegaraan disertai pataka dan banner sebagai identitas. Umumnya terdapat pada upacara-upacara  formal maupun pada pawai parade angkatan bersenjata.


             Color guard merupakan salah satu divisi di drum band/ marching band/ drum corps, dengan memiliki keahlian dalam penguasaan tari/ olah tubuh (basic ballet), penguasaan bendera (flag technique), penguasaan senapan (rifle technique), penguasaan pedang (saber technique) dan penguasaan pendukung lainnya seperti aksesoris (hola hoop, twirling batons, kabuki/simpai, tongkat dan lain-lain) serta penguasaan teaterikal, karena seorang color guard harus dapat menunjukkan ekspresi wajah, memainkan emosi penonton yang disesuaikan dengan repertoire penampilan.

               Dalam Color Guard bisa menghabiskan 15 sampai dengan 20 jam atau bahkan lebih per minggu dengan baris-berbaris pada lapangan berukuran 50 x 70 feet atau kurang lebih 16 x 23 meter sambil memainkan rifle dan saber dengan berat kurang lebih 1,5 kg atau flag yang panjang standardnya sekitar 180 cm. Membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk mendapatkan hasil sempurna, mendengar instruksi “Hey, salah!”,  “color guard, dimensi…!!!!” “Yang bener dong!” atau “Hey, jangan telat, kejar dong gerakannya!” secara terus menerus. Terkadang harus tampil dengan kaki dan tangan yang sakit, bahkan otot dalam keadaan nyeri. Seorang color guard rela berusaha terus walaupun  mengalami keadaaan melelahkan dengan keringat, darah, air mata dan membuat hati tertekan. Tetapi bermain Color Guard adalah sesuatu yang jauh lebih terasa mengasyikan dengan kerja keras dan kompetisi secara intensif. Bagaimana melakukan hal yang terbaik dan mengetahui bahwa anda memiliki “penggemar” sendiri yang akan selalu memberi semangat dan dukungan, walaupun menang atau kalah. Merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi seorang color guard. Hal tersebut yang sangat susah untuk diungkapkan. Apalagi hasil kerja keras kita selama latihan terbayar dengan meraih juara di kompetisi.


No comments:

Post a Comment