November 12, 2016

Sejarah Color Guard

Penasaran kenapa kok Marching Band yang awalnya dari militer kok ada yang nari-nari bawa bendera? Yuk bahas sejarahnya!

Di zaman dahulu, ketika jajahan Inggris pada masa perang saudara, ada pemain Bagpipes dan Drums yang dapat dikatakan grup atau sekelompok BandPemain-pemain ini selalu mendampingi prajurit untuk menetapkan tempo marching(baris-berbaris) dan untuk memberi semangat.
Selain Band, mereka selalu menyuruh beberapa prajurit untuk membawa warna-warna untuk pasukannya. Dari situ berdiri guardsmen pertama. Setelah sekian lama, idenya dipakai oleh banyak orang hingga makin berkembang dan dalam waktu yang sangat cepat setiap pasukan militer mempunyai pengawal untuk membawa warna dari kelompoknya.
Secara berlahan-lahan color guard berkembang hingga menjadi seperti yang dapat dilihat di Marching Band Militer Amerika Serikat. Hingga suatu saat muncul suatu pemikiran bahwa sudah cukup banyak musik untuk memuaskan telinga tapi masih kurang untuk memuaskan mata, maka dari situ awal muncul ide color guard sambil memainkan gerak tubuh/badan dan equipment-equipmentnya menggunakan flag(bendera), rifle(senapan) dan saber(pedang). Bermula teriakan dahsyat dari perang dan kebanggaan tentang warnanya lalu berkembang hingga menjadi seperti penampilan show stopping yang mengiringi penampilan marching band dimana-mana.
Ada masih banyak hal lain lagi mengenai color guard, namun yang paling utama adalah untuk menampilkan warnanya dengan bangga sesuai repertoire yang disajikan merupakan suatu kesuksesan.


No comments:

Post a Comment